Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Kolak Durian Sederhana

Dapurin - Resep Cara Membuat Kolak Durian Sederhana - Durian merupakan rajanya buah yang memang mempunyai cukup banyak untuk para penggemar yang fanatik. Bau durian yang begitu sedap dan khas, serta rasa manis yang menggoda memanglah pantas untuk disukai. Tidak hanya masyarakat Indonesia yang menggemari buah yang dijuluki dengan ‘king fruits’ ini.

Tidak sedikit juga para wisatawan mancanegara yang menggemari buah yang banyak sekali tumbuh di Indonesia ini. Meskipun Indonesia bukanlah negara terbesar yang penghasil durian yang berkualitas super, namun tidak bisa dipungkiri jika di Indonesia, menemukan buah durian tidaklah terlalu sulit.

Buah ini dapat tumbuh hampir di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena  itu, hampir di setiap daerah Anda bisa menemukan buah durian yang berjajar di supermarket, toko atau warung buah. Apalagi, saat musim durian tiba, akan banyak sekali penjaja durian di pinggir - pinggir jalan yang ditemukan.

Ada cara yang menarik untuk menikmati daging durian. Misalnya dengan mengolahnya menjadi kolak durian yang enak. Berikut ini resep cara membuat kolak durian yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Cara Membuat Kolak Durian Sederhana

Resep bahan - bahan untuk membuat kolak durian

  • 300 gram daging durian/bisa campur biji
  • 1 liter santan kental diambil dari 1 butir kelapa
  • 200 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • ¼ sendok teh vanili
  • ¼ butir kelapa muda

Cara Membuat Kolak Durian Spesial Ramadhan

  1. Cara membuat kolak durian yang pertama yaitu siapkanlah durian matang, bisa di ambil dagingnya saja atau direbus sekalian sama bijinya gapapa, bebas yang penting okeh hehe..Lalu Sisihkanlah.
  2. Kupas kulit kelapa muda serta cucilah bersih lalu iris tipis dan kecil. Sisihkan.
  3. Siapkan gula merah, santan kental, daun pandang, gula pasir, vanili dan garam. Campurkanlah di dalam satu wadah panci serta panaskanlah diatas api yang kecil hingga mendidih. Aduklah sesekali supaya santan tak pecah.
  4. Setelah mendidih, masukkanlah irisan kelapa muda, kemudian rebus sebentar supaya lebih empuk.
  5. Setelah direbus beberapa menit, ambil bola - bola durian, lalu celupkan ke kuah santan. Panaskanlah dengan api yang kecil sekitar 2 menit kemudian matikan api.
  6. Kolak durian yang super spesial siap untuk dijadikan hidangan di meja makan Anda.
Dalam prakteknya Bunda bisa mencoba menambahkan irisan pisang kepok, ketan atau bisa juga campur es dan kolang-kaling + cindil yang membuat cita rasa semakin nikmat.
Baca Juga: Selain resep kolak durian di atas yang tentunya memerlukan fulus yang tidak sedikit, Bunda pun bisa mencoba >>Resep Kolak Pisang + Ubi + Kolangkaling yang pastinya lebih menghemat penegluaran.
Yups... itulah Resep Cara Membuat Kolak Durian yang dapat anda coba di rumah semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Resep Cara Membuat Kolak Durian Sederhana"